Rabu, 06 April 2011

TIPS : Memandikan Si Kecil

      Saat memandikan si kecil seharusnya menjadi momen yang menyenangkan bagi orang tua. Akan tetapi terkadang menjadi sesuatu yang bikin marah atau menyebalkan saat si kecil ternyata sulit untuk diajak mandi.
Sabar adalah kuncinya karena memang pada masa anak kecil / balita belum seperti orang dewasa. Dunia anak adalah dunia bermain dan ego anak masih sangat tinggi dengan menuruti kemauannya sendiri.
Berikut tips kecil untuk memandikkan si kecil yang kadang susah diajak mandi :
  1. Berikan pengertian pada si kecil bahwa mandi adalah sesuatu yang menyenangkan dan menyehatkan bagi tubuh, sertakan mainan yang di bawa si kecil saat itu jika sedang bermain.
  2. Biasakan memandikan anak pada jam yang sama setiap harinya. Hal ini berfungsi untuk membawa anak pada kebiasaan dan belajar disiplin serta kesadaran dirinya.
  3. Beri / sediakan mainan seru di kamar mandi dan perlengkapan mandi seru yang sesuai dengan kesukaan anak dan aman.
  4. Karena kulit anak masih sangat sensitif sediakan sabun khusus bagi anak yang aman dan disukai aromanya oleh si kecil.
  5. Cari tahu penyebabnya si kecil tidak mau mandi, kemungkinan yang terjadi bahwa si kecil tidak enak badan otomatis dia tidak mau mandi.
 Jika dengan cara demikian si kecil tetap sulit untuk mandi jangan segan - segan untuk diulang - ulang karena memang membentuk kebiasaan untuk si kecil perlu kesabaran dan kesadaran dari orang tua disamping itu perlu diketahui bahwa pembentukan karakter anak juga dibentuk dari hal - hal kecil seperti mandi. Sekarang tinggal bagaimana orang tua dengan perhatiannya yang lebih dapat membentuk anak yang diharapkan di masa depan.
source : harian O

Ditulis Oleh : Unknown // 08.20
Kategori:

0 comment:

Posting Komentar