Rabu, 08 Juni 2011

Manfaat Kandungan Gizi dan Vitamin Buah Pisang

          Kadungan zat gizi pisang ternyata sangat banyak dibanding buah – buah lain. Pisang mengandung kalori sedikit lebih tinggi dari buah – buah lain. 100 gr pisang mengandung 79 kalori sebanding dengan 46 buah apel atau 41 buah pir.
        Kandungan zat gizi pisang ternyata banyak manfaatnya bagi tubuh. Kandungan potassium pisang dapat membantu pertumbuhan sel, mengendalikan tekanan darah, memperlancar fungsi system saraf, serta memperlancar pengaturan cairan tubuh dan keseimbangan asam alkali.
       Pisang mengandung 3 jenis zat penting yaitu gula alami : sukrosa, fruktosa dan glukosa yang dikombinasikan dengan serat fiber, memberikan efek tambahan energiyang cukup banyak. Menurut penelitian para ahli gizi telah terbukti hangan dengan mengkonsumsi dua buah pisang sehari mendapatkan energi untuk 90 menit.
         Wanita yang tengah hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi pisang karena mengandung asam folat tinggi yang penting bagi kesempurnaan janin, pembentukan sel – sel baru dan mencegah terjadinya cacat bawaan.     Dengan mengkonsumsi 2 pisang segar, kebutuhan asam folat yang sekitar 58 mikrogr dapat terpenuhi.  Disamping itu pisang akan membantu menjaga kadar gula darah yang dapat mengurangi morning sick, sehingga pisang sangat baik untuk camilan ibu hamil.
       Bagi wanita yang merasakan sindrom pramenstruasi (PMS),vitamin B6 yang dikandungnya mengatur kadar glukosa darah, yang dapat mempengaruhi suasana hati.
Pisang merupakan buah yang mengenyangkan tetapi tidak membuat gemuk karena kandungan seratnya dan mudah dicerna oleh tubuh.
       Buah pisang mengandung 9 kandungan gizi dan mampu mengembalikan energi dengan cepat.
Pisang yang matang mengandung kalori 99 gr, lemak 0,2 gr, protein1,2 gr, karbihidrat 25,8 mg, serat 0,7 gr, kalsium 8mg, besi 0,5 mg, fosfor 28 mg, vitamin A 44 RE, vitamin B 0,08 mg, vitamin C 3 mg, dan air 72 gr.
Kandungan pisang sangat bagus untuk menyembuhkan berbagi penyakit pencernaan seperti disentri, ambeien, sariawan usus, pendarahan usus besarhingga diare. Namun perlu diperhatikan bahwa hanya pisang yang matang saja yang dapat mengubah gula darah menjadi glukosa alami serta cepat diabsorbsi oleh tubuh.

Ditulis Oleh : Unknown // 18.29
Kategori:

0 comment:

Posting Komentar