Rabu, 28 Mei 2014

Manfaat Wortel untuk Mencegah Kanker Prostat

Wortel merupakan sayuran yang mudah dilibatkan dalam berbagai masakan. Walaupun harganya terjangkau, namun wortel memberikan manfaat kesehatan yang besar, salah satu yang populer adalah untuk kesehatan mata. Manfaat wortel tampaknya akan bertambah lagi karena sebuah penelitian baru menunjukkan bahwa wortel berpotensi dalam mencegah kanker prostat.

Wortel bisa mengurangi risiko kanker prostat hingga 20 Persen

Menurut Daily Mail, para peneliti telah menemukan bahwa mengonsumsi wortel secara rutin dapat mengurangi risiko kanker prostat hingga 20 %.
Kanker prostat adalah salah satu jenis kanker peringkat atas yang banyak terjadi pada pria Amerika, kedua setelah kanker kulit. Pada tahun 2014, American Cancer Society memperkirakan sekitar 233.000 kasus baru kanker prostat yang telah didiagnosis, dan sekitar 29.480 diantaranya diketahui telah meninggal akibat kanker tersebut.
Mengingat tingginya angka kematian yang diakibatkan kanker prostat, maka sangat penting bagi kita untuk mengetahui tindakan pencegahannya.

Penelitian terbaru ini berasal dari Negeri Tiongkok, di mana para peneliti bersama pihak Universitas Zhejiang melihat 10 penelitian yang berbeda yang menjelaskan manfaat anti-kanker dari wortel. Beberapa dari penelitian tersebut menunjukkan adanya manfaat anti kanker prostat yang signifikan, sementara yang lain tidak menemukan. Setelah mengumpulkan berbagai data, para ilmuwan menemukan bahwa manfaat wortel terhadap pencegahan kanker prostat tergantung dari seberapa sering seseorang mengonsumsi wortel.

Para peneliti menemukan bahwa mereka yang makan wortel setidaknya tiga kali seminggu adalah 18 persen lebih rendah untuk menderita kanker prostat.
 “Kami menemukan risiko terhadap kanker prostat menurun secara signifikan terkait dengan asupan wortel yang tinggi”, tulis para peneliti. “Beberapa mekanisme potensial bisa menjelaskan hubungan antara makan wortel dan risiko kanker prostat. Namun penelitian lebih lanjut perlu dikembangkan lebih dalam lagi untuk mengkonfirmasi temuan ini.”
Mengkritisi temuan ini, Dr. Lain Frame dari Prostate Cancer UK mengatakan bahwa penelitian ini tidak selalu membuktikan sebab-akibat, bahwa orang-orang yang ingin mengurangi risiko terjadinya kanker bisa mengonsumsi makanan-makanan sehat yang lain, termasuk sayuran lainnya di mana juga dapat memberikan manfaat yang sama. 
 “Walaupun ada manfaat kesehatan umum yang terkait dengan pola makan seimbang yang kaya sayuran, tidak ada yang menunjukkan bahwa salah satu sayuran tertentu lebih baik dari yang lain,” kata Dr. Frame.

Dr. Frame tampaknya mengecilkan peran makanan dalam mencegah kanker. Namun demikian, orang-orang yang berada dalam risiko kanker harus menyadari adanya manfaat kesehatan yang ditawarkan sayuran, termasuk wortel.

Ditulis Oleh : Unknown // 15.53
Kategori:

1 comment: