Selasa, 24 Juni 2014

Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh

http://berkahmedika.blogspot.com/2014/06/meningkatkan-daya-tahan-tubuh-dan.html
Daya tahan tubuh biasanya akan menurun jika terjadi perubahan cuaca yang ekstrim atau pada musim pancaroba. Penurunan daya tahan tubuh akan berdampak pada kesehatan sehingga membuat seseorang gampang terserang penyakit. Di tengah tuntutan untuk tetap beraktivitas seperti biasa, tubuh pun rentan terhadap berbagai penyakit dan gangguan kesehatan. Untuk itu, pastikan daya tahan tubuh Anda tetap terjaga selama musim pancaroba ini.
Agar daya tahan tubuh tetap kuat, kita harus menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh secara alami. Daya tahan tubuh yang kuat memang tidak dengan mudah didapatkan, namun ada proses dalam pembentukannya. Dan bila sudah memiliki daya tahan tubuh yang sehat teruji maka diperlukan juga pemeliharaan yang baik sehingga akan terus terjaga setiap waktunya. 
Berukut ini tips menjaga daya tahan tubuh agar selalu sehat : 

  1. Di dalam tubuh yang sehat terdapat pikiran atau jiwa yang tenang dan sehat juga. Maka usahakan selalu berpikiran positif terhadap segala masalah yang menerpa kita.
  2. Istirahat yang cukup merupakan salah satu faktor untuk menjaga daya tahan tubuh anda
  3. Usahakan selalu melakukan olahraga secara teratur minimal 3 kali dalam seminggu. Ini bertujuan untuk menjaga kondisi tubuh agar selalu bugar dan sehat.
  4. Menjaga tangan Anda tetap bersih adalah salah satu cara terbaik untuk menangkal penyakit, menurut Centers for Disease Control and Prevention. Pastikan untuk mencuci tangan Anda dengan air bersih dan sabun sebelum menyiapkan makanan atau makan dan setelah batuk, bersin, menggunakan kamar mandi dan fasilitas umum.
  5. Makan yang cukup, makanlah makanan yang baru dimasak dan mudah dicerna. Perbanyak konsumsi buah dan sayur karena merupakan sumber alami yang bagus bagi Anda untuk memperoleh vitamin dan mineral yang penting untuk memelihara kesehatan tubuh Makanan kaya antioksidan seperti buah-buahan dan sayuran penting untuk mendukung sistem kekebalan tubuh Anda. Antioksidan memerangi radikal bebas sehingga menekan kerusakan sel dan mendukung sistem kekebalan tubuh. 

Selain tips tersebut anda bisa mengkonsumsi makanan herbal atau suplemen untuk menambah daya tahan tubuh kita, seperti : 
  1. Minum madu bila memungkinkan, karena banyak sekali manfaat madu bagi kesehatan tubuh secara alami baik dalam menjaga maupun menyembuhkan juga memperbaiki kondisi tubuh 
  2. Tanaman herbal seperti astragalus, echinacea, dan elderberry serta bawang putih dan jahe dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. 
  3. Sediakan minyak almond dan wijen, kedua bahan in bisa menjadi senjata ampuh menghalau gejala penyakit saat musim hujan. Minyak almond dan wijen mengandung antioksidan dan vitamin E yang tidak hanya baik untuk kulit tapi juga meningkatkan daya tahan tubuh.
  4. Teh kaya akan antioksidan, teh sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Jika bosan dengan teh hijau atau teh hitam, Anda bisa mencoba membuat teh herbal sendiri yang mengandung jahe, kunyit atau kayu manis. Untuk teh herbal, minumlah 3-4 cangkir sehari Semoga tips diatas dapat membantu dalam menjaga daya tahan tubuh agar sehat selalu dalam setiap aktifitas kita.

Semoga tips diatas dapat membantu dalam menjaga dayatahan tubuh agar sehat selalu dalam setiap aktifitas kita.

Ditulis Oleh : Unknown // 07.39
Kategori:

0 comment:

Posting Komentar