Jumat, 26 September 2014

Kegunaan dan Fungsi Ginjal



Ginjal merupakan salah satu organ tubuh yang berperan sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia. Secara normal semua orang memiliki 2 organ ginjal yang terletak di pinggang bagian tengah kiri dan kanan. Dengan berat masing-masing sebesar 150 gram dan panjang 10-11 cm ginjal berfungsi sebagai berikut :

1.      Ginjal sebagai sitem ekskresi pada manusia yaitu untuk menyaring dan mengeluarkan zat – zat hasil / sisa proses metabolisme tubuh dalam bentuk urin.
2.   Ginjal mengatur kadar air dalam tubuh. Kalau kurang, ginjal menahan agar air tidak keluar dari tubuh. Sebaliknya, kalau berlebih, ginjal akan mengeluarkan air itu. Ini yang dikenal dengan fungsi eksresi ginjal.
3.  Ginjal memproduksi serta mengatur sejumlah hormon penting dalam tubuh seperti hormon eritropoitin pembentuk sel darah merah, hormon renin yang mengatur tekanan darah serta hormon yang berperan untuk mengaktifkan vitamin D (metabolisme tulang).
4.   Ginjal mengatur sejumlah proses kimia dalam tubuh meliputi menjaga keseimbangan garam, air, asam basa, serta mineral

Lama kelamaan fungsi ginjal tersebut dapat menurun dan akhirnya fungsi ginjal pun dapat terganggu, gangguan tersebut bisa di sebabkan oleh racun, infeksi atau obat – obatan yang memiliki efek samping yang dapat merusak ginjal. Apabila ginjal tidak berfungsi sebagaimana mestinya maka sisa metabolisme yang tidak di keluarkan tubuh akan menjadi racun bagi tubuh kita sendiri.

Ditulis Oleh : Unknown // 15.30
Kategori:

0 comment:

Posting Komentar