Kamis, 29 September 2011

HATI – HATI, PERUT BUNCIT
Kemakmuran atau Sumber Penyakit ?



Perut Buncit, Sumber Penyakit
    Sebuah penelitian terbaru mengungkapkan, seseorang yang berperut buncit dan memiliki lemak berlebihan di sekililing pinggang berhadapan dengan risiko dua kali lipat untuk mati. Penelitian yang melibatkan 350 ribu orang diseluruh Eropa dan disiarkan Jurnal Kesehatan New England edisi terbaru itu menyatakan, kelebihan lemak di bagian perut mengganggu kesehatan walaupun jika seseorang itu tidak dikategorikan gemuk dan memiliki berat badan normal.
    Kepala kajian dari German Institute of Human Nutrition (DIfE), di Potsdam Rehbrucke, Jerman, Dr. Tobias Pischon, mengatakan penelitian yang telah dilakukan menunjukkan, risiko mati pada usia muda bukan saja disebabkan dari kegemukan semata – mata tetapi juga disebabkan masalah peredaran lemak dalam badan. Lemak dibagian perut bukan saja menyimpan tenaga, tetapi merangsang pengeluaran sejenis hormon yang disebut cytokines yang menyumbang pada serangan penyakit kronis.
    Dr. Tobias mengatakan, hsil penelitian tersebut menyediakan dokter agar menghitung ukuran lingkar bagian perut dan punggung pasien, selain rata – rata indeks jasad tubuh sebagai pemeriksaan dasar yang mesti dilakukan pada pasien. Pada perbandingan yang dibuat antara pasien dengan indeks jasa tubuh, menunjukkan bahwa resiko kematian pada usia muda akan meningkat apabila ukuran lingkar pinggang mereka semakin besar.

Penyebab Perut Buncit
    Penyebab perut gendut atau perut buncit sudah pasti adalah lemak yang menumpuk pada perut, beberapa faktor yang menyebabkan lemak menumpuk dan terkonsentrasi pada perut antara lain, kebiasaan makan dilarut malam, kebiasaan minum – minuman yang dingin, kebiasaan tidur setelah makan, jarang berolahraga dan cacingan.

Mulailah Khawatir dengan Perut Buncit
    Orang yang memiliki perut buncit mendapat resiko lebih dari penyakit seperti :
-    Penyakit jantung koroner
-    Stroke
-    Beberapa jenis kanker
-    Diabetes tipe 2
-    Kekebalan Insulin

Sejauh mana Bahaya Perut Buncit? 
      Para pakar kesehatan dunia menetapkan bahwa pria dengan ukuran lingkar pinggang diatas 36 inchi atau wanita dengan ukuran lingkar pinggang diatas 32 inchi memliki faktor risiko yang signifikan lebih tinggi mengidap penyakit – penyakit degenerative tadi.
        Para pakar yang sama juga menetapkan acuan bahwa pria atau wanita yang lingkar perut 90% atau lebih dari lingkar pinggul (waist-to-hip ratio), maka risiko penyakit juga bertambah secara signifikan. Misalnya apabila seseorang memiliki lingkar perut 80 cm tetapi memiliki lingkar pinggul 88 cm, maka waist-to-hip ratio-nya adalah 90,1% yang artinya sudah memasuki zona resiko yang tinggi. Apabila sampai lingkar perutnya diatas 100% (atau lebih besar) daripada lingkar pinggul

Apakah usia memainkan peranan dalam peningkatan perut buncit ?
Dengan bertambahnya usia, anda akan kehilangan otot lebih banyak jika tidak rutin berolahraga.
Otot yang hilang akan memperlambat metabolisme, dan jika tidak menjaga pola makan, pada akhirnya akan menimbulkan perut buncit.

Ditulis Oleh : Unknown // 19.23
Kategori:

0 comment:

Posting Komentar