Jumat, 12 September 2014

Cara Alami Mengobati Penyakit Flu atau Pilek



1.   Penelitian menunjukan, tetap bersemangat adalah kunci tetap sehat dan bahagia. Kurangi timbulnya stres yang bersamaan dengan kekecewaan emosional. Stres dapat melemahkan sistem imun tubuh 

2.      Lakukan kebiasaan yang sehat diantaranya :
- Membersihkan mulut dengan berkumur. tujuannya untuk membantu membersihkan mulut agar bakteri jahat penyebab flu tidak masuk ke tenggorokan. Berkumur dengan air hangat yang dicampur dengan garam, cuka apel, kunyit jahe agar hasilnya maksimal.
-      Mencuci tangan dengan sabun agar bersih dari bakteri dan kuman sebelum dan sesudah melakukan aktifitas.
-     Saat mengalami flu, usahakan jangan mandi menggunakan air dingin. Tapi selalu mandi dengan air hangat tujuannya yaitu untuk menjaga agar tubuh tetap hangat.
-  Istirahat yang cukup dan tetap berolahraga ringan dapat membantu menguatkan sistem imun minimal jalan selama 30 menit

3.      Mengkonsumsi makanan dan minuman tertentu, yaitu :
-       Memperbanyak minum air putih terutama yang hangat.
-    Mengkonsumsi buah dan sayuran karena banyak mengandung vitamin dan mineral yang diperlukan untuk membantu mengembalikan kondisi tubuh dan membantu memperbaiki sistem kekebalan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit, diantaranya : Jeruk mengandung vitamin C; makanan kaya vitamin E seperti kacang-kacangan, biji-bijian; Jamu Echinacea; biji labu dan gandum yang mengandung Zinc.
-     Makanan pedas atau mengandung cabai/lada. Cabe mengandung capsaicin, sebuah senyawa kimia yang dipercaya dan terbukti efektif membantu membersihkan rongga hidung. Cabai atau makanan yang pedas membantu membersihkan membran mucous. Perlu diingat, tidak perlu mengkonsumsi makanan pedas yang berlebihan jika tubuh tidak tahan pada makanan pedas.
-      Mengkonsumsi rempah – rempah. Rempah seperti jahe, kencur, sereh selain dapat menghangatkan tubuh juga memberi kekebalan tambahan dalam sistem pertahanan tubuh.  
-     Makan Bawang. Bawang mengandung quercetin, suatu senyawa yang memerangi virus dan bakteri
-     Mengkonsumsi obat flu herbal.

4.      Terapi alami mengatasi flu, diantaranya :
-    Terapi Uap Air. Penguapan merupakan salah satu cara tradisional yang dipercaya ampuh untuk mengatasi flu. Caranya masukan air panas ke dalam baskom, Gunakan handuk menutupi kepala dan tempatkan wajah di atas baskom tersebut dan hirup uapnya. Agar hasilnya lebih optimal, bisa mencampurkan minyak kayu putih, kunyit, jahe atau rempah-rempah lainnya. Cara ini bisa digunakan jika hidung keburu meler.
-     Aroma Menthol / Mint. Menggunakan aroma mentol atau mint adalah salah satu cara untuk  mengatasi penyakit flu atau pilek. Caranya dengan mengoleskan minyak kayu putih atau balsam di dekat lubang hidung, tenggorokan dan dibagian dada.
-      Aroma Bawang. Aroma Bawang – bawangan  (bawang daun, merah, puith) dapat berfungsi sebagai katalis dalam mengeluarkan cairan dan membersihkan hidung. Caranya, pegang bawang di bawah lubang hidung dan hirup aromanya selama sekitar 5 menit.

Ditulis Oleh : Unknown // 05.53
Kategori:

0 comment:

Posting Komentar