Jumat, 12 September 2014

Mengurangi Risiko Penyakit Kardiovaskuler dengan Mengkonsumsi Buah Setiap Hari

Dr Huaidong Du dari Oxford, Inggris, memaparkan sebuah penelitian efek mengkonsumsi buah setiap hari. Penelitian tersebut dilakukan selama tujuh tahun yang melibatkan hampir setengah juta materi, menyimpulkan bahwa mengonsumsi buah setiap hari mengurangi risiko berkembangnya penyakit kardiovaskular (CVD) sebesar 40 persen. Hasil penelitian tersebut dipaparkan di Kongres Masyarakat Kardiologi Eropa (ESC) di Barcelona, Spanyol, belum lama ini. Kongres ESC 2014 adalah kongres internasional terbesar dalam kedokteran kardiovaskular yang berlangsung di Barcelona dari tanggal 30 Agustus sampai 3 September.
Orang-orang yang diteliti berasal dari 10 wilayah di China. Sampel mencapai 451.681 peserta yang tidak memiliki riwayat gangguan Cerebrovaskular (CVD-Cerebrovaskular Desease, gangguan peredaran darah di otak) dan tidak minum obat untuk hipertensi
Kebiasaan mengonsumsi buah dicatat dan dikategorikan dalam 5 waktu, sebagai berikut:
  
1.      tidak pernah,
2.      bulanan,
3.      1-3 hari per minggu,
4.      4-6 hari per minggu atau
5.      setiap hari.
Sekitar 18 persen dari peserta yang mengonsumsi buah setiap hari dan 6,3 persen tidak pernah mengonsumsi buah. Rata-rata konsumsi harian buah sekitar 150 gram.
  
Risiko CVD berkurang 25 sampai 40 persen untuk mereka yang makan buah setiap hari. Makan buah juga menurunkan tekanan darah.

Dilaporkan laman Metro, konsumsi buah setiap hari dikaitkan dengan 3,4 mmHg lebih rendah tekanan darah sistolik dan tekanan darah diastolik 4,1 mmHg lebih rendah dibandingkan dengan orang yang tidak mengonsumsi buah.

Untuk mengetahui tingkat kematian, diteliti 61.000 peserta yang memiliki CVD atau hipertensi. Di antara kelompok ini, mengonsumsi buah setiap hari mengurangi risiko kematian sebesar 32 persen dibandingkan tidak mengonsumsi buah.

Ditulis Oleh : Unknown // 19.51
Kategori:

0 comment:

Posting Komentar